Profil Fakultas Teknik

Home / Tentang Kami / Profil Fakultas Teknik


Fakultas Teknik Universitas Muhadi Setiabudi (FTUMUS) berdiri berdasarkan SK. MENDIKBUD No. 348/E/O/2012 2 Oktober 2012. Fakultas yang terletak di Jl. P. Diponegoro Km.2 Pesantunan – Wanasari – Brebes – Jawa Tengah

Fakultas Teknik Universitas Muhadi Setiabudi mempunyai 2 Program Studi (Teknik Sipil dan Teknik Informatika) dengan tenaga pengajar (dosen) lulusan s2 dari PTN dan PTS.

Kampus yang berlokasi di kota Brebes yang mudah di jangkau tepat jalur pantura dengan fasilitas berupa Gedung Kuliah,  Gedung  Auditorium,  LaboratoriumPerpustakaan,  Masjid Nurul Ilmu, Sarana Olahraga, Parkir dan Akses Internet yang merata di seluruh wilayah menjadikan Fakultas Teknik pilihan yang tepat bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri.

Dengan    Fasilitas  dan Tenaga  Pengajar  yang    mendukung   Fakultas Teknik Universitas Muhadi Setiabudi telah memperoleh prestasi yang membanggakan  dan aktif menjadi peserta di beberapa Lomba. Selain mengembangkan diri  dibidang  keteknikan,  Fakultas  Teknik aktif mengadakan kuliah tamu, seminar, pelatihan dan seminar untuk  lebih  mengembangkan  mahasiswa  sehingga  menjadi  lulusan yang  mempunyai  jiwa  kewirausahaan  dan profesional di bidangnya.

Program Studi Teknik Sipil

Deskripsi:
Program Studi Teknik Sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Insinyur sipil merancang dan mensupervisi pembangunan infrastruktur seperti jalanan, bangunan, terowongan, bandara, bendungan, jembatan, penyimpanan air dan sistem pembuangan kotoran.

Insinyur/ahli teknik sipil sering bekerja bersama berbagai tim, dimana mereka menggunakan teori dan model bangunan untuk memprediksikan kinerja suatu desain (bangunan). Mereka biasanya menguji suatu desain dalam skala kecil sebelum mulai membangun. Dalam mengambil keputusan, mereka harus mempertimbangkan fungsi bangunan, manfaatnya bagi masyarakat, keselamatan pekerja dan anggaran.

Prospek Kerja:

Prospek jurusan ini tidak hanya terbatas pada proyek-proyek tersebut saja, berikut ini adalah gambaran secara umum beberapa prospek kerja teknik sipil.

1. Pegawai Negeri Sipil

Institusi pemerintahan yang paling memerlukan lulusan teknik spil adalah kementrian pekerjaan umum (PU), yakni kementrian yang mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan pembangunan fasilitas dan infrastruktur negara.

Selain kementrian PU, lulusan teknik sipil juga bisa bekerja untuk pemerintahan di badan-badan pemerintah seperti Badan Perencanaan Daerah, Badan Perencanaan Nasional, PMU-Bina Marga, Dinas Tata Kota dan Pertamanan di setiap kota, Departemen SDM

2. Badan Usaha Milik Negara

Prospek kerja lulusan teknik sipil berikutnya adalah bisa bekerja di BUMNI misalnya di Hutama Karya (jalan dan jembatan), Waskita Karya (bangunan dan gedung), Cipta Karya (perencanaan) dll.

3. Badan Keuangan / Bank

Jangan salah paham yah, ternyata bukan hanya lulusan akuntansi, komuniaski, dan ekonomi saja yang dapat bekerja di badan keuangan. Lulusan teknik sipil juga dapat bekerja di badan keuangan, lulusan teknik sipil juga sangat berguna pada saat menganalisa visibilitas proyek yang akan dikerjakan dengan peminjaman dana, contohnya dalam pembangunan saran dan prasarana seperti gedung.

4. Menjadi Kontraktor

Menjadi seorang kontraktor berbagai proyek pembangunan insfrastruktur menjadi sebuah peluang besar bagi lulusan teknik sipil. Mengapa seorang teknik sipil bisa menjadi seorang kontraktor ?

Karena pada dasarnya lulusan teknik sipil mempunyai ilmu yang sangat mendukung dan sangat berkaitan dengan pembangunan infrastruktur. Seorang teknik sipil dalam masa kuliahnya mempelajari tentang teknologi bahan bangunan, mekanika tanah, struktur kayu, struktur beton, manajemen proyek, bahkan lulusan teknik sipil sangat mengerti bagaimana caranya membuat sebuah rancangan anggaran biaya proyek pembangunan.

Tidak hanya itu saja, kuliah teknik sipil juga mempelajari berbagai macam program yang berkaitan dengan teknik sipil, misalnya adalah autocad. Mungkin banyak yang berpendapat untuk menjadi seorang kontraktor tidak harus dari lulusan teknik sipil. Akan tetapi pada umumnya kontraktor yang dasarnya bukan dari teknik sipil, perusahaannya sangat sulit sekali untuk berkembang.

Sebaliknya jika pimpinannya adalah seorang yang mengerti dalam bidang kerja dan seluk beluk perusahaannya, maka perusahaan tersebut sudah dapat dipastikan untuk berkembang lebih pesat.

4. Menjadi Konsultan Proyek

Konsultan proyek artinya adalah ia hanya membantu dari sisi peninjauan keilmuan saja. Ia tidak masuk ke dalam urusan teknik di lapangan. Menjadi seorang konsultan tidak harus turun ke lapangan dan meninjau proyek dari kliennya.

Konsultan proyek dapat memberikan sebuah pertimbangan kepada klien proyek yang sedang dikerjakan mengenai banyak hal. Misalnya, pemilihan bahan konstruksi yang efisien, pertimbangan dampak lingkungan dari bahan bangunan yang digunakan, dan bentuk bangunannya atau terkait dengan aspek keselamatan tenaga kerjanya.

5. Menjual Jasa Online

Menjual jasa, skill, dan pengetahuan secara online adalah peluang yang sangat besar bagi para lulusan teknik sipil di era sekarang ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membangun sebuah website yang berkualitas dan membahas semua ilmu yang berkaitan dengan teknik sipil.

Jika pengunjung website sudah mencapai 500 orang/hari, maka kamu dapat mempromosikan jasa dan keahlian kamu di dalam website tersebut. Kamu juga bisa membuat produk digital seperti e-book untuk dijual secara online melalui website yang sudah kamu bangun tadi.

6. Menjadi Dosen

Seorang lulusan teknik sipil bisa menjadi seorang dosen di universitas atau perguruan tinggi yang memiliki jurusan teknik sipil. Peluan ini sangatlah terbuka lebar, karena di Indonesia masih jarang sekali seorang ahli di bidang ini.

Banyaknya kebutuhan sumber daya manusia lulusan teknik sipil, menjadikan beberapa perguruan tinggi, baik itu swasta maupun negeri membuka jurusan teknik sipil. Pembukaan jurusan teknik sipil tentu membutuhkan seorang dosen untuk dapat mengajari mahasiswanya. Jika kamu ingin menjadi seorang dosen, maka syarat utamanya adalah IPK harus tinggi atau cum laude.

7. Mandor

Program Studi Teknik Informatika Komputer

Deskripsi:
Program Studi Teknik Informatika (TI) UMUS Brebes bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu menyerap, mengaplikasikan, dan mengembangkan TI dengan kompetensi utama Rekayasa Perangkat Lunak, meliputi 4 peminatan studi yaitu Sistem Informasi, Jaringan Komputer dan Komunikasi Data, Sistem Cerdas dan Grafika Komputer, serta Komputasi dan Metode Numerik.

Lulusan TI UMUS Brebes diharapkan mampu mengembangkan perangkat lunak untuk berbagai keperluan, melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi, membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak, mampu merencanakan dan mengevaluasi penerapan TI pada sebuah organisasi, mampu merancang dan memelihara basis data termasuk data warehouse untuk suatu instansi atau perusahaan, mampu melakukan pengujian fungsi-fungsi perangkat lunak, mampu mengembangkan, merancang dan membangun serta memelihara website dengan berbagai layanan dan fasilitasnya.

Prospek Kerja:
Lulusan program studi TI UMUS Brebes diarahkan dapat mengisi karir pekerjaan bidang supervisi, asisten manajer dan administrator. Sebagai contoh lulusan Teknik Informatika harus mampu menjadi Capacity Planning Supervisor, Database Administrator, Customer Service Supervisor, Data Communication Assistant manager, Data Entry Supervisor, Information Center Manager, Hardware Installation Supervisor, System Administrator, Webmaster, Project Manager Applications, Project Manager Distributed Systems, Project Network Technical Services, Project Manager Implementation Deployment, dan lain-lain.

15 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika / Ilmu Komputer

  1. ­­­Mobile Programmer 
  2. Tenaga Pendidik IT
  3. Software Engineer
  4. System Analyst atau System Integrator
  5. Konsultan IT
  6. Computer Network atau Data Comunication Engineer
  7. Intelligent System Developer
  8. Software Tester
  9. Database Administrator atau Network Engineer
  10. Game Developer
  11. Web Designer atau Web Programmer
  12. Freelance Programmer
  13. Security System
  14. Desktop Programmer
  15. Wiraswast
  16. Pegawai Negeri Sipil

Itulah beberapa prospek cemerlang bagi lulusan informatika dalam membangun teknologi. Seorang lulusan informatika pastinya akan mampu berkarya dan menunjukan kemampuannya untuk hasil terbaik bagi teknologi yang perkembangannya sangat luas.

Seorang lulusan informatika pastinya dapat menciptakan beberapa teknologi melalui perangkat lunak computer sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh orang banyak.

Teknologi secara tidak langsung telah memberikan banyak perubahan pada dunia, dari yang tadinya tidak mengetahui informasi menjadi mengerti apa yang terjadi di dunia ini melaui perangkat yang diciptakan oleh mereka-mereka para ahli perangkat lunak.